3 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK, Bisa Online atau Offline

Suara.com - Status peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) bidang kesehatan merupakan kebutuhan wajib bagi setiap orang. Namun, peserta JKN tidak lagi dibekali kartu identitas yang memuat nomor BPJS.

Tak perlu khawatir, ada tiga cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa dilakukan untuk memudahkan pengurusan administrasi ketika dibutuhkan. Berikut langkah-langkahnya.

Layanan SMS untuk cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa dikirimkan lewat nomor 08777-5500-400. Format sms adalah dengan mengetik NIK (spasi) nomor induk kependudukan yang tertera di KTP. SMS Gateway ini bekerja dengan sistem berbayar sehingga pastikan ponsel terisi pulsa agar bisa melakukan layanan ini.

Cek Nomor BPJS lewat Laman bpjs-kesehatan.go.id

Untuk mengecek cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa juga dilakukan dengan mengunjungi laman resmi BPJS Kesehatan. Ikuti langkah-langkah berikut dan pastikan jaringan internet yang aman.

1. Buka laman bpjs-kesehatan.go.id dan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan.

2. Masukan nomor NIK dan tanggal lahir.

3. Sistem akan memunculkan informasi tentang identitas peserta yang terdiri dari nama dan nomor BPJS serta jumlah iuran yang harus dibayarkan.

Cek Nomor BPJS lewat Call Center

Apabila ingin cara yang langsung mendapatkan jawaban untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan, kamu bisa langsung menghubungi call center di nomor 1500 400.

Jelaskan maksud secara jelas kepada petugas penerima telepon, kemudian petugas yang akan mengakomodasi kebutuhan untuk memperoleh informasi mengenai nomor BPJS Kesehatan.

Demikian cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK. Perlu diketahui bahwa seluruh peserta yang terdaftar dalam program BPJS Kesehatan pasti memiliki nomor identitas BPJS. Nomor tersebut biasanya diperlukan untuk mengisi administrasi ketika melakukan pemeriksaan kesehatan.

Cara-cara untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan tersebut bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Satu cara lain adalah dengan mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Meski demikian, cara ini tidak disarankan mengingat situasi pandemi Covid-19 saat ini. Bisa jadi, di beberapa wilayah, kantor cabang BPJS Kesehatan justru menerapkan kebijakan online untuk beberapa layanannya, termasuk layanan cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK. 

Berita Tekait

Policy Paper