Erick Thohir: Peserta BPJS Kesehatan Dapat Vaksin Corona Gratis Awal 2021

Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19 yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan bahwa peserta BPJS Kesehatan bakal mendapatkan vaksin corona gratis di awal tahun 2021. Informasi tersebut disampaikan Erick dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI membahas penanganan COVID-19.

Erick Thohir menjelaskan, penyaluran vaksin corona itu nantinya dilakukan dengan dua skema. Pertama yakni vaksin bantuan pemerintah yang dananya ditanggung oleh APBN.

"Vaksin bantuan pemerintah ini pendanaan melalui budget APBN, pakai data BPJS Kesehatan nanti ada vaksin gratis massal di awal tahun depan. Jadi yang terdaftar di BPJS Kesehatan gratis," ujar Erick dalam rapat yang digelar Kamis (27/8).

Skema kedua yakni melalui vaksin mandiri, yakni kelompok masyarakat yang bukan peserta BPJS Kesehatan, bisa melakukan vaksin sendiri dengan biaya pribadi.

"Kami juga mengusulkan masyarakat bisa membayar vaksin mandiri untuk yang mampu, untuk memenuhi kebutuhan APBN kita juga. Tapi dengan tingkat kemampuan bayar berapa, itu nanti mandiri," jelasnya.
Menurut Erick, dari kerja sama dengan China dan Uni Emirat Arab, dihasilkan vaksin sebanyak 30 juta pada akhir tahun 2020. Dengan jumlah tersebut, kata Erick, sebanyak 15 juta orang bisa mendapatkan vaksinasi.
Sementara untuk tahun 2021, produksi berkisar antara 290-340 juta vaksin.

Berita Tekait

Policy Paper