Cegah Tindak Kecurangan Program JKN, Ini Langkah BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto

Makassar (ANTARA) - BPJS Kesehatan bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan "Goes to Campus" untuk mengingatkan pentingnya perlindungan kesehatan bagi mahasiswa di Gedung Ipteks Unhas Makassar, Selasa.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhas Muh Nasrum Massi mengatakan asuransi kesehatan memegang peranan penting karena tingginya biaya perawatan kesehatan di seluruh dunia.

Ia menjelaskan di Indonesia hadir BPJS Kesehatan dan masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan terjangkau sehingga mengurangi beban finansial yang ditimbulkan akibat biaya pengobatan.

“Hal ini menjadi penting terutama dalam konteks mobilitas global di mana risiko kecelakaan dapat terjadi di manapun. Oleh karena itu, masyarakat akan lebih aman dan terlindungi ketika mempunyai BPJS,” ujarnya.

Ia juga berharap, masyarakat Indonesia memiliki asuransi kesehatan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar saat berobat di rumah sakit.

“Jadi, saya kira semua mahasiswa bisa diwajibkan untuk mempunyai asuransi kesehatan,” katanya pada kegiatan yang diikuti 150 mahasiswa itu.

Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Makassar Muh Syahrul memaparkan tentang manfaat layanan BPJS Kesehatan bagi peserta, termasuk mahasiswa Unhas.

Ia menjelaskan mengenai alur pelayanan yang bisa dilakukan mahasiswa saat sakit dengan menggunakan BPJS Kesehatan, termasuk mengakses pelayanan kesehatan di luar wilayah domisili.

“Pada keadaan kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN,” ujarnya.

Manager Klinik Fakultas Kedokteran Unhas dr Fakhriyah Dwi Amirah Khalid menyampaikan pihaknya juga telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sehingga mahasiswa dari berbagai domisili dapat memanfaatkan layanan kesehatan di Klinik FK.

Berita Tekait

Policy Paper