Optimalkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi i-Care JKN

KOMPAS.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan aplikasi i-Care JKN sebagai salah satu langkah konkret dalam memajukan layanan kesehatan di Indonesia.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjelaskan, kehadiran aplikasi tersebut ditujukan untuk memudahkan dokter dan fasilitas kesehatan (faskes) dalam mengakses riwayat pelayanan kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama satu tahun terakhir.

Dengan demikian, dokter dan faskes dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat kepada peserta JKN.

Tak sekadar berperan sebagai jembatan informasi antara faskes dan peserta JKN, aplikasi i-Care JKN juga bisa meningkatkan akurasi diagnosis dan perawatan yang diberikan.

Adapun informasi yang dapat diakses melalui i-Care JKN meliputi detail diagnosis, tindakan medis, faskes pemberi layanan, dan tanggal pelayanan.

Ghufron pun memastikan bahwa pihaknya sangat memperhatikan aspek keamanan dan kerahasiaan data pribadi peserta dalam pengembangan aplikasi i-Care JKN.

“Peserta JKN harus memberikan persetujuan (informed consent) sebelum riwayat pelayanan mereka dapat diakses petugas medis. Hal ini menjamin bahwa akses terhadap data pribadi hanya dapat dilakukan dengan izin sah dari peserta dan menjaga privasi mereka," papar Ghufron dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Seperti diketahui, data riwayat pelayanan kesehatan pasien memiliki peran penting bagi dokter dalam memberikan perawatan yang optimal.

Melalui informasi yang tersedia pada i-Care JKN, dokter dapat merencanakan perawatan yang sesuai berdasarkan data yang lebih real-time, aktual, dan faktual. Alhasil, efisiensi pelayanan kesehatan akan meningkat.

Ghufron mengatakan, akan diintegrasikan pada aplikasi P-Care dan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) melalui skema bridging.

Hal tersebut memungkinkan pertukaran informasi yang lebih lancar antara berbagai penyedia layanan kesehatan. Sebagai contoh, komunikasi dan kolaborasi antar dokter, terutama saat pasien dirujuk ke dokter atau spesialis lain, dapat difasilitasi melalui i-Care JKN.

"Selain dokter, peserta JKN juga dapat mengakses langsung i-Care JKN melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan demikian, peserta JKN dapat dengan mudah melihat riwayat pelayanan yang telah diberikan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL),” ujarnya.

Ghufron mengatakan, i-Care JKN menjadi tonggak penting dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang semakin mudah, cepat, dan setara bagi seluruh peserta JKN.

Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga menjadi wujud komitmen pihaknya untuk terus meningkatkan sistem layanan kesehatan di Indonesia serta membangun ekosistem digital yang berkelanjutan.

Dengan terus berinovasi, imbuh Ghufron, pihaknya berharap dapat mencapai standar pelayanan kesehatan yang lebih tinggi untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Melalui i-Care JKN dan inovasi lain, BPJS Kesehatan berharap dapat meningkatkan mutu layanan kesehatan secara menyeluruh kepada peserta JKN. Ini adalah langkah penting untuk mewujudkan transformasi mutu layanan peserta JKN di seluruh Indonesia," tuturnnya.

Berita Tekait

Policy Paper