BPJS Kesehatan SBT luncurkan program Pesiar dorong UHC

Ambon (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (Pesiar) dalam rangka mendorong cakupan kesehatan universal atau Universal Health Coverage (UHC).

“Program ini juga dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Elsa W Tutuarima, Ambon, Selasa.

Agar hal tersebut terlaksana dengan baik, tim BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten SBT Bersama Camat Bula mengadakan pertemuan bersama pejabat dari tiga Desa Pesiar yaitu Desa Wailola, Desa Limumir dan Kampung Gorom guna melaksanakan kegiatan sosialisasi program tersebut.

Elsa W Tutuarima menyampaikan melalui program tersebut, nantinya BPJS Kesehatan akan melakukan pemetaan terhadap masyarakat desa yang belum terlindungi Program JKN, menyisir masyarakat rentan, pekerja sektor formal yang belum didaftarkan sebagai peserta.

Elsa berkomitmen untuk terus bergerak aktif untuk mengidentifikasi status kepesertaan warga, terutama yang belum terdaftar ke dalam Program JKN agar segera terdaftar sebagai Peserta JKN.

“Setelah dipetakan dan disisir, kami akan mengadvokasi. Setelah memperoleh data dari sisir ini, kami bisa melakukan advokasi dari dua data klarifikasi tersebut, kemudian akan kami registrasi, dalam hal ini membantu warga sesuai data pada advokasi, melakukan perlengkapan data yang dibutuhkan ketika melakukan registrasi peserta JKN,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Camat Bula SBT Hadi Rumbalifar menyambut baik kegiatan program Pesiar tersebut. Ia mengaku hal ini merupakan langkah positif yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami berkomitmen akan memfasilitasi jika BPJS Kesehatan ingin melaksanakan kegiatan yang mengundang desa di Wilayah Kerja Kecamatan Bula,” ucap Hadi.

Berita Tekait

Policy Paper